Welcome In Website Ghazy Fadhil

Follow the latest news by subscribing via email

Follow us on G+

Kidult [Kid Adult]


Tahukah anda!


“Kedewasaan tidak dapat diukur lewat umur.”

Hal ini didukung juga oleh seorang psikolog Jim Ward Nicholas. Psikolog yang telah mempopulerkan istilah “Kidult” ini mengatakan, sangat besar kemungkinan, orang yang kehidupannya mudah, ditanggung orang tua, tidak memiliki keinginan mengejar karir karena terlalu nyaman, tidak serius berhubungan, kurang memiliki tanggung jawab dan kurang komitmen terhadap hidupnya, akan bersikap kekanakan, dengan penampilan serta gaya hidup yang sangat santai.
Punya pemikiran yang sebenarnya tidak cocok lagi bagi usia mereka sesungguhnya, Kidult (kid adult), adalah istilah untuk mereka yang seharusnya telah dewasa secara umur tapi memiliki pemikiran dan pembawaan yang kekanakan.



Fenomena ini, diperhitungkan ada sangat banyak di Indonesia. Di mana sifat kekeluargaan masih sangat kuat dijaga. Apabila pada di Amerika dan Jepang, anak umur 21 ke atas sudah akan merasa tertekan apabila belum memiliki pekerjaan, di Indonesia masih banyak yang pengangguran dan merasa baik-baik saja dihidupi oleh orang tua terus menerus. Orang tuapun, banyak yang tidak membantu proses kedewasaan anaknya. Bahkan yang anaknya sudah kerja sekalipun, tak jarang yang masih belum lepas ‘uang jajan’ dari orang tua.

Ketika sifat kekeluargaan sulit dibedakan dengan memanjakan, banyak anak-anak yang menyalahartikan kasih sayang dan berpikir mereka dapat terus menerus hidup santai di dunia. Kasih sayang memang tidak salah. Tapi cara menunjukkan kasih sayang tidak selalu dengan memberikan rumah yang hangat dan aman.

Apa yang akan terjadi kalau induk elang tidak mendorong anaknya keluar dari sarang? Anaknya akan terus berada dalam zona nyaman dan tidak mau belajar terbang. Elang yang tidak dapat terbang adalah mangsa empuk untuk semua musuhnya. Mungkin begitu juga dengan para kidult di luar sana. Ada masalah yang menanti hidup setiap kita. Salah satunya mungkin menanti dirimu. Apa kamu tidak mau belajar bersiap menghadapi masa depan yang tidak pernah terduga?

Buat kalian yang mungkin memiliki teman atau pacar seorang kidult, daripada menilai dan mencerca, alangkah baiknya kalau kalian mencoba mengerti penyebabnya. Dan mungkin, menemani mereka menyiapkan diri mereka.

Atau kamu merasa kalau ternyata kamu adalah kidult yang belum sadar kalau kamu ternyata berada di zona yang terlalu nyaman? Kalau kamu mau terbang dan melihat dunia luar, mungkin kamu perlu menjatuhkan dirimu sendiri keluar dari sarang. Itu bukan hal yang buruk juga.

Jika terjadi kesalahan mohon tinggalkan Comment!

Share this:

JOIN CONVERSATION

1 komentar: