Welcome In Website Ghazy Fadhil

Follow the latest news by subscribing via email

Follow us on G+

Teknik Perawatan Mesin Industri



COST MAINTENANCE DAN RAV (REPLACEMENT ASSET VALUE)

Cost Maintenance (biaya perawatan), biaya yang dikeluarkan untuk merawat sistem dalam masa operasinya. Agar mesin/peralatan berjalan pada kondisi yang layak di mana dalam maintenance dan pengeluaran yang tidak perlu. bagaimana mengontrol pengeluaran biaya perawatan, bagaimana improvisasi pengeluaran perawatan serta pada akhirnya bagaimana menyeimbangkan biaya maintenance dengan jumlah produksi yang di hasilkan.

Maintenance Cost merupakan biaya yang bersifat variabel, misalnya kegiatan pencatatan inspeksi, pelatihan personel, pelumasan, dan sebagainya yang bersifat rutin.

RAV, merupakan tolak ukur biaya pemeliharaan dalam satuan persen untuk keberhasilan kinerja aset dalam segi perawatan/pemeliharaan operasi pada mesin/peralatan

Dimana RAV, memberi tahu seberapa baik pengeluaran pada sebuah industri.
Pada Industri yang memiliki nilai RAV yang tinggi mencerminkan bahwa industri memiliki 3 nilai yaitu:

1. Produk dan Lingungan Industri yang agresif/mengecewakan
2. Praktik pengoperasian dan pemeliharaan yang sangat buruk
3. Tidak adanya kepedulian dan semangat bekerja sama pada team perawatan dalam pemeliharaan mesin

RAV memiliki tolak ukur dalam percapaian RAV yang baik,

  1.  3% RAV, Industri telah mencapai proses bisnis, peralatan, keterampilan, pengetahuan, dan semangat yang baik dalam pemeliharaan.
  2. 2% RAV, Industri telah mencapai operasi, dan tim perawatan bekerja sama dengan baik dan mulai menggunakan proses yang benar, sistem, peralatan, ketrampilan, pengetahuan dan semangat yang tepat.
  3. 1% RAV, Industri telah mencapai inovasi dan pola pikir yang benar2 baru. Dimana Industri tahu tentang cara merancang, mengoperasikan, dan mengelola operasinya.
Jadi RAV memberi tahu kita, seberapa baik pengeluaran kita untuk peralatan/mesin yang beroperasi. Misalnya dengan 20% RAV pertahun. Kita menghabiskan begitu banyak uang hanya untuk pemeliharaan dalam 1 tahunnya. sehingga dapat dibandingkan / setara dengan membeli mesin/peralatan baru setiap 5 tahun nya. Dibandingkan dengan 1-3% nilai RAV, mesin dapat bertahan setiap tahunnya hingga 20-50 tahun mendatang.

Cara menghitung RAV :


Dalam rangkuman ini bisa ditarik kesimpulan bahwa:
  • RAV memiliki peran yang penting pada proses maintenance cost dimana maintenance cost saling berhubungan untuk menghasilkan nilai RAV yang baik.
  • RAV memiliki tolak ukur, yaitu semakin kecil nilai RAV atau <3% nilai RAV maka Industri disebut baik dalam segi maintenance cost. Semakin tinggi nilai RAV >3% maka Industri disebut buruk dalam penanganan maintenance cost.

Contoh Analis Perhitungan Biaya Perawatan sebagai Dasar Evaluasi Penggantian Mesin CTCM ( Continuous Tandem Cold Mill) pada Divisi Cold Rolling Mill PT. Krakatau Steel.

Bisa di download di link ini






Share this:

JOIN CONVERSATION

    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar